Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5
Frengki Kwan - QQ
 

Warning: fopen(counter/visit.db): failed to open stream: Permission denied in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 41

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 43

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 45
Frengki Kwan - QQ
 
Dengan Kunci ini masa depan gemilang Anda akan terbuka! -- www.frengkikwan.com --
     April 24, 2018, 09:49 AM
Untitled Document Today (232)  Yesterday (232)  Total Visitor (500000)  
Home QQ
Profile
QQ
Job
QQ
Property
QQ
Gallery
QQ
Inspiration
QQ
Dreams
QQ
Contact
Frengki Kwan - QQ
 
 
Saya, Frengki Kwan, bukanlah pribadi paling hebat di dunia bisnis, bukan juga
orang super sukses. Namun melalui website ini, sebuah website yang berisikan perjalanan menapaki tangga kesuksesan tentu mampu memberikan setitik cahaya harapan bagi masa depan para pembaca website ini.
Selamat membaca dan silakan persiapkan tangga kesuksesan Anda!

Category  >>  Kesehatan
 
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
 
Nyeri punggung menjadi keluhan yang paling sering dialami oleh penderita yang datang ke dokter. Paling tidak, orang mengalami serangan nyeri punggung sekali dalam tiga tahun. Masalah nyeri punggung sekali dalam tiga tahun. Masalah nyeri punggung menjadi perhatian yang sangat serius karena dampaknya begitu hebat, mengakibatkan penurunan produktivitas seseorang dan ketidaknyamanan. Bahkan yang paling berat, sampai menyebabkan kecacatan dan kematian.
 
Penyebab nyeri punggung yang paling sering adalah karena cedera pada otot atau ligamen oleh karena posisi mengangkat barang atau duduk yang tidak benar. Selain itu, nyeri punggung bisa diakibatkan oleh struktur tulang belakang itu sendiri yang terdiri dari tulang, sendi, diskus, otot dan ligamen, dan saraf. Juga bisa diakibatkan oleh organ di luar struktur tulang belakang, seperti organ-organ intim dalam wanita, organ sistem saluran kemih, organ sistem pencernaan, penyebaran tumor ganas dari organ lain seperti payudara pada wanita dan prostat pada laki-laki.

JENIS

Berdasarkan lokasinya, nyeri pada tulang belakang dibedakan menjadi nyeri leher (neck pain), nyeri punggung atas (terjadi pada daerah di bawah leher sampai bahu), nyeri thorakal (terjadi di antara bahu ke bawah sampai batas iga bawah), dan nyeri punggung bagian bawah (terjadi antara iga bawah sampai panggul). Jenis nyeri pada punggung kadang disertai nyeri yang menjalar (ischialgia), kesemutan, gatal, panas, serta kelemahan pada anggota gerak tangan dan kaki. Selain itu, ada pula nyeri pada sakrum dan nyeri pada tulang ekor (coccydynia).

Berdasarkan waktu kejadian dan lamanya, nyeri punggung dibedakan menjadi akut dan kronik. Apabila nyeri punggung pertama kali dan berlangsung selama kurang dari enam minggu, dikatakan nyeri punggung akut. Sedangkan bila keluhannya sudah lebih dari enam minggu, dikatakan sebagai nyeri punggung kronik.

Penyebab nyeri pada punggung bisa berasal dari otot, ligamen, sendi facet, bantalan antar tulang vertebrata, serta tulang vertebra atau syarafnya. Bisa juga berasal dari tempat lain seperti bahu, dada (pada daerah punggung atas), dan pada punggung bawah bisa berasal dari organ saluran cerna, organ saluran kemih, dan organ-organ genital dalam pada wanita. Nyeri punggung bisa juga akibat faktor risiko seperti kegemukan, ibu hamil, pekerjaan angkat berat, serta yang mengharuskan duduk lama. Bisa juga akibat skoliosis, tumor, serta osteoporosis.

Diagnosis keluhan nyeri punggung ditegakkan berdasarkan hasil anamnesis; pemeriksaan fisik seperti laseque test dan hofner test; refleks saraf dan dermatome saraf, serta pemeriksaan penunjang medik seperti x-ray foto, CT scan, MRI atau EMG.

PENANGANAN

Pengobatan pada nyeri pinggang terdiri dari medikamentosa (obat-obatan), exercise, alat bantu korset yang disesuaikan dengan keadaan nyeri punggung, terapi fisik, program penurunan berat badan bagi penderita obesitas, olahraga yang dianjurkan seperti berenang, philates, dan yoga, pola hidup sehat, dan menghindari kebiasaan buruk merokok serta minum alkohol.

Modalitas lain untuk mengatasi nyeri punggung adalah dengan tindakan suntikan steroid pada daerah yang menyebabkan nyeri, misalkan bila nyerinya akibat kelainan pada sendi facet kita lakukan facet blok. Sedangkan kalau nyeri akibat spinal stenosis, kita lakukan injeksi steroid pada daerah epidural. Bila akibat penekanan saraf spinal, kita lakukan selektif nerve blok lewat foraminal sesuai saraf yang diinginkan.

Modalitas yang terakhir adalah operasi. Operasi pada kasus nyeri punggung bisa dengan cara operasi konvensional atau operasi minimal invasive (menggunakan endoskopi-mikroskop). Jenis operasi konvensional bisa berupa dekompressi lubang saraf dengan cara laminotomi, laminektomi foraminotomi, flavektomi, dan kadang disertai stabilisasi posterior dengan pemasangan plate dan screw. Operasi minimalis saat ini digemari oleh penderita nyeri punggung, terutama nyeri punggung bawah akibat HNP (hernia nukleus pulposus) pada usia 30-50 tahun, atau spinal stenosis pada usia lanjut. Prosedur minimalis dilakukan microdisectomi dengan menggunakan bantuan endoskopi atau mikroskopi.
 
   
inserted at 2011-12-06 15:08:00  |  Dr. Muki Partono, Sp.OT Dokter Spesialis Bedah Ortopedi - RS Puri lndah  
 
ARTICLE ARCHIVE  
   
Keluarga
Kesehatan
 
Anda SAKIT ...
Anda SAKIT KEPALA? Atasi dengan Jahe!
Menjaga Kebugaran ...
Menjaga Kebugaran Saat Bekerja
Kenali Stroke ...
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
Serangan Fajar ...
Serangan Fajar Stroke
Gaya Hidup ...
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
Nyeri Otot, ...
Nyeri Otot, Pahami Secara Menyeluruh
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
Tanda-Tanda Sakit ...
Tanda-Tanda Sakit Jantung yang Sering Diremehkan
Bahaya Sakit ...
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
Apa ltu ...
Apa ltu Psoriaris?
Depresi...
Dismenorea Pengganggu ...
Dismenorea – ‘Pengganggu’ Wanita
Kejang atau ...
Kejang atau Epilepsikah Seorang Anak?
Deteksi Dini ...
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
Penyebab Penyakit, ...
Penyebab Penyakit, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil
Penyakit Jantung? ...
Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!
Entrepreneurship
Investasi
Perencanaan Keuangan
Asuransi
Pendidikan Anak
Pensiun
Perencanaan Pajak
Warisan
Lain-lain