Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5
Frengki Kwan - QQ
 

Warning: fopen(counter/visit.db): failed to open stream: Permission denied in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 41

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 43

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 45
Frengki Kwan - QQ
 
Dengan Kunci ini masa depan gemilang Anda akan terbuka! -- www.frengkikwan.com --
     April 24, 2018, 09:47 AM
Untitled Document Today (232)  Yesterday (232)  Total Visitor (500000)  
Home QQ
Profile
QQ
Job
QQ
Property
QQ
Gallery
QQ
Inspiration
QQ
Dreams
QQ
Contact
Frengki Kwan - QQ
 
 
Saya, Frengki Kwan, bukanlah pribadi paling hebat di dunia bisnis, bukan juga
orang super sukses. Namun melalui website ini, sebuah website yang berisikan perjalanan menapaki tangga kesuksesan tentu mampu memberikan setitik cahaya harapan bagi masa depan para pembaca website ini.
Selamat membaca dan silakan persiapkan tangga kesuksesan Anda!

Category  >>  Kesehatan
 
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
 
Sakit kepala merupakan keluhan medis tersering yang dialami oleh hampir semua orang. Umumnya, keluhan ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, dan pada tingkat tertentu dapat berakibat serius. WHO memasukkan sakit kepala sebagai penyakit penyebab gangguan kinerja dan disabilitas ativitas sehari-hari. Namun, kadang sakit kepala berat dan kronik hanya sedikit yang disebabkan oleh penyakit organik.
 
Sebagian besar sakit kepala berulang merupakan gejala gangguan sakit kepala kronik primer. Tetapi kelainan pada mata, infeksi, tumor otak, sinusitis, dan masalah gigi-geligi juga dapat disertai oleh sakit kepala. Sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan yang ringan dapat bermanifestasi sebagai sakit kepala berat. Sebaliknya, sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan yang berat dapat bermanifestasi sebagai sakit kepala ringan. Banyak pasien cemas bahwa sakit kepala yang dialaminya merupakan tanda atau disebabkan oleh gangguan medis yang serius.

Sakit kepala merupakan suatu gejala subyektif. Diagnosis secara akurat sangat bergantung pada informasi deskripsi sakit kepala dari pasien. Deskripsi sakit kepala yang baik sangat membantu keakuratan diagnosis dan pada akhirnya membantu untuk menentukan keberhasilan terapi.

KLASIFIKASI
Secara garis besar, International Headache Society (IHS) membagi sakit kepala menjadi dua, primer dan sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala yang tidak disertai oleh penyakit penyebab sakit kepala lain. Jenis ini terbagi menjadi empat, yaitu Migren (sakit kepala berdenyut, umumnya sesisi kepala, intesistas sedang hingga berat, dan dapat disertai mual atau muntah, fotofobia dan fonofobia), Tensio-type headache (pasien biasanya mengeluh kepala seperti ditekan, diikat, atau kepalanya terasa berat dan pegal; kadang disertai oleh rasa pegal, nyeri, atau kaku pada otot-otot leher), Cluster headache (ditandai dengan nyeri kepala hebat sesisi kepala, umumnya menetap dikiri atau kanan, terjadi antara 30 dan 90 menit; berulang dua hingga enam kali sehari; berlangsung selama beberapa hari atau minggu), dan sakit kepala lain yang tidak berhubungan dengan lesi structural (antara lain sakit kepala yang timbul akibat rangsangan dingin, batuk, setelah olahraga, ataupun sakit kepala yang berkaitan dengan aktivitas seksual).

Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disertai oleh penyakit tertentu, baik di sekitar leher dan kepala maupun penyakit sistemik. Sakit kepala sekunder dapat ditimbulkan oleh beberapa keadaan, antara lain pasca-cedera kepala, gangguan pembuluh darah otak seperti stroke berdarah, anomali pembuluh darah (AVM, aneurisma), tumor otak, infeksi dan peradangan otak, infeksi dan peradangan sistemik atau di bagian tubuh lain, gangguan metabolik dan sakit kepala yang disebabkan oleh gangguan struktur di sekitar kepala, yaitu mata, gigi-geligi, mulut, telinga, hidung, leher, dan lain sebagainya.

KAPAN HARUS WASPADA?
Sakit kepala harus diwaspadai bila timbul mendadak – yang dapat menjadi penanda adanya stroke berdarah atau pecahnya AVM atau aneurisma disertai oleh kejang, nyeri kepala hebat, perjalanan progresif (makin lama makin berat, dosis obat nyeri kepala bertambah), disertai oleh kelainan saraf (bicara pelo, mulut mencong, baal/kesemutan pada mulut atau sesisi tubuh, penglihatan ganda/semakin kabur, gangguan keseimbangan dan gangguan menelan); disertai oleh penurunan kesadaran – bicara mulai kacau, perubahan perilaku, hingga tidak sadar; sakit kepala yang berkaitan dengan kanker ataupun infeksi HIV.

Obat analgetik yang dijual bebas dapat digunakan sebagai terapi pertama pada sakit kepala ringan. Relaksasi otot, yoga, olahraga dan tidur teratur, menjaga posisi serta postur tubuh yang benar serta menjaga pola makan dan membatasi alkohol dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala. Tetapi bila terdapat tanda-tanda yang harus diwaspadai atau sakit kepala tidak hilang dengan obat-obatan tersebut, dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter.
 
   
inserted at 2011-12-12 13:00:00  |  Dr. Alifa Dimanti, Sp. S, Dokter Spesialis Syaraf - RS Puri Indah  
 
ARTICLE ARCHIVE  
   
Keluarga
Kesehatan
 
Anda SAKIT ...
Anda SAKIT KEPALA? Atasi dengan Jahe!
Menjaga Kebugaran ...
Menjaga Kebugaran Saat Bekerja
Kenali Stroke ...
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
Serangan Fajar ...
Serangan Fajar Stroke
Gaya Hidup ...
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
Nyeri Otot, ...
Nyeri Otot, Pahami Secara Menyeluruh
Nyeri Punggung, ...
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
Tanda-Tanda Sakit ...
Tanda-Tanda Sakit Jantung yang Sering Diremehkan
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
Apa ltu ...
Apa ltu Psoriaris?
Depresi...
Dismenorea Pengganggu ...
Dismenorea – ‘Pengganggu’ Wanita
Kejang atau ...
Kejang atau Epilepsikah Seorang Anak?
Deteksi Dini ...
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
Penyebab Penyakit, ...
Penyebab Penyakit, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil
Penyakit Jantung? ...
Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!
Entrepreneurship
Investasi
Perencanaan Keuangan
Asuransi
Pendidikan Anak
Pensiun
Perencanaan Pajak
Warisan
Lain-lain