Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5
Frengki Kwan - QQ
 

Warning: fopen(counter/visit.db): failed to open stream: Permission denied in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 41

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 43

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 45
Frengki Kwan - QQ
 
Dengan Kunci ini masa depan gemilang Anda akan terbuka! -- www.frengkikwan.com --
     December 12, 2017, 05:50 AM
Untitled Document Today (232)  Yesterday (232)  Total Visitor (500000)  
Home QQ
Profile
QQ
Job
QQ
Property
QQ
Gallery
QQ
Inspiration
QQ
Dreams
QQ
Contact
Frengki Kwan - QQ
 
 
Saya, Frengki Kwan, bukanlah pribadi paling hebat di dunia bisnis, bukan juga
orang super sukses. Namun melalui website ini, sebuah website yang berisikan perjalanan menapaki tangga kesuksesan tentu mampu memberikan setitik cahaya harapan bagi masa depan para pembaca website ini.
Selamat membaca dan silakan persiapkan tangga kesuksesan Anda!

Category  >>  Kesehatan
 
Depresi...
 
KETAHUI GEJALANYA. Depresi penting diperhatikan karena merupakan masalah kesehatan jiwa dan penyebab utama tindakan bunuh diri. Depresi ditandai dengan kemurungan, kesedihan yang mendalam, pesimis, hingga hilangnya gairah/semangat hidup.
 
GEJALA UTAMA ANTARA LAIN AFEK DEPRESIF YANG DITANDAI DENGAN PERASAAN PUTUS ASA, perasaan sedih/murung yang terus-menerus, suasana hati yang "kosong", mudah terharu/menangis, perasaan tanpa harapan, gelisah, bisa berkembang menjadi serangan panic atau sebaliknya menjadi lemah tak berdaya(retardasi psikomotor). Selain itu, bisa berupa kehilangan minat dan kegembiraan yang ditandai dengan tidak mampu menikmati kesenangan/hobi, gairah hidup menurun, pesimis, kehilangan minat di dalam penampliannya sehari-hari, seks (libido menurun), ingin menyendiri (menarik diri dari pergaulan sosial), mudah tersinggung atau marah yang berlebihan tidak pada tempatnya dan bersifat curiga. Energi/vitalitas juga menurun yang ditandai dengan mudah merasa lelah, semangat menurun drastis, badan selalu terasa letih/lemah, tidak memiliki gairah kerja, gerakan fisik menurun (lamban), kurang aktif, bicaranya kurang dari biasanya.

Gejala lain dapat berupa konsentrasi dan perhatian berkurang, harga diri dan kepercayaan diri berkurang, merasa bersalah dan tidak berguna, merasa berdosa, penyesalan dan putus asa, bersikap pesimis terhadap masa depan, pikiran dikuasai oleh keinginan bunuh diri/tentang kematian, mengalami gangguan tidur (insomnia/sulit tidur atau hipersomnia/kebanyakan tidur), serta gangguan makan sehingga mempengaruhi berat badan.

PENYEBAB DEPRESI
Penyebab depresi ada yang disebut sebagai faktor-faktor pendukung (predisposing factors) dan faktor-faktor penyebab (precipitating factors). Yang termasuk predisposing factors antara lain proporsi sense of control yang sangat minim. Terjadi proses generalisasi, dimana pengalaman kegagalan dalam satu hal dianggap berlaku dalam situasi-situasi hidup yang lain. Sense of controI adalah keyakinan seseorang bahwa dirinya sendirilah yang mengendalikan hidupnya atau peristiwa-peristiwa yang ia alami (bukan ditentukan oleh nasib/orang lain yang berkuasa). Hasil penelitian menunjukkan bahwa sense of control ini merupakan kognisi dasar untuk mengalami optimism dan harapan.

Predisposing factors lainnya adalah memiliki self esteem negatif. Di dalam psikologi, self esteem sering diterjemahkan sebagai harga diri dan didefinisikan sebagai penilaian seseorang terhadap diri sendiri, baik positif maupun negatif. Harga diri positif membuat individu menjadi lebih bersemangat serta mampu menetapkan tujuan-tujuan dalam hidupnya.

Sementara, yang termasuk precipitating factors adalah faktor biologis (gangguan fisik, misalnya kelelahan/kelaparan, kekurangan tidur/gizi, atau penyakit yang diderita); faktor psikis (suatu keadaan yang dirasakan sangat menekan); faktor sosial (pertengkaran/salah paham/tekanan dari lingkungan, ekonomi, dan keluarga); serta aktor rohani (perasaan berdosa dan bersalah).

PENCEGAHAN
Jika terdapat beberapa gejala seperti di atas, segeralah berkonsultasi untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin. Emosi-emosi positif, cinta kasih, dan kebahagiaan sangat membantu dalam menghadapi kesulitan hidup/mengalami stres. Selanjutnya, cinta juga menguatkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan tubuh, termasuk juga menyembuhkan diri sendiri (self healing).

Berdoa/menjalin hubungan dekat dengan Tuhan juga mampu mencegah terjadinya depresi, selain kelola stres, memiliki keahlian dan keterampilan diri sehingga ketika ada masalah tidak selalu bergantung pada orang lain, membangun komunitas, serta mengaktualisasikan potensi dan nilai-nilai pribadi.

Keadaan psikologis seseorang tidak lepas dari kebutuhan eksistensial dirinya, yaitu kebutuhan hakiki yang dapat membuat hidupnya terasa bermakna. Bila dalam perjalanan hidup seseorang hanya melakukan aktivitas yang dituntut dunia eksternal (di luar diri) sedemikian rupa sehingga tidak mengalami koneksi (tidak terhubung) dengan bagian dirinya yang terdalam, maka segala sesuatu yang dilakukan menjadi tidak bermakna.
 
   
inserted at 2011-12-21 11:48:00  |  Meriyati Budiman, M.Psi Psikolog Klinis - RS Puri Indah  
 
ARTICLE ARCHIVE  
   
Keluarga
Kesehatan
 
Anda SAKIT ...
Anda SAKIT KEPALA? Atasi dengan Jahe!
Menjaga Kebugaran ...
Menjaga Kebugaran Saat Bekerja
Kenali Stroke ...
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
Serangan Fajar ...
Serangan Fajar Stroke
Gaya Hidup ...
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
Nyeri Otot, ...
Nyeri Otot, Pahami Secara Menyeluruh
Nyeri Punggung, ...
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
Tanda-Tanda Sakit ...
Tanda-Tanda Sakit Jantung yang Sering Diremehkan
Bahaya Sakit ...
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
Apa ltu ...
Apa ltu Psoriaris?
Depresi...
Dismenorea Pengganggu ...
Dismenorea – ‘Pengganggu’ Wanita
Kejang atau ...
Kejang atau Epilepsikah Seorang Anak?
Deteksi Dini ...
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
Penyebab Penyakit, ...
Penyebab Penyakit, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil
Penyakit Jantung? ...
Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!
Entrepreneurship
Investasi
Perencanaan Keuangan
Asuransi
Pendidikan Anak
Pensiun
Perencanaan Pajak
Warisan
Lain-lain