Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5
Frengki Kwan - QQ
 

Warning: fopen(counter/visit.db): failed to open stream: Permission denied in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 41

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 43

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 45
Frengki Kwan - QQ
 
Dengan Kunci ini masa depan gemilang Anda akan terbuka! -- www.frengkikwan.com --
     April 24, 2018, 09:49 AM
Untitled Document Today (232)  Yesterday (232)  Total Visitor (500000)  
Home QQ
Profile
QQ
Job
QQ
Property
QQ
Gallery
QQ
Inspiration
QQ
Dreams
QQ
Contact
Frengki Kwan - QQ
 
 
Saya, Frengki Kwan, bukanlah pribadi paling hebat di dunia bisnis, bukan juga
orang super sukses. Namun melalui website ini, sebuah website yang berisikan perjalanan menapaki tangga kesuksesan tentu mampu memberikan setitik cahaya harapan bagi masa depan para pembaca website ini.
Selamat membaca dan silakan persiapkan tangga kesuksesan Anda!

Category  >>  Kesehatan
 
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
 
Deteksi awal (dini) pada tulang belakang sangat penting untuk mencegah lebih beratnya penyakit atau gangguan kesehatan tulang belakang (spine). Seiring dengan kemajuan teknologi kesehatan, beberapa pemeriksaan dapat membantu kita mengetahui deteksi dini penyakit tulang belakang. Tulisan ini ditujukan sebagai panduan singkat tentang apa saja yang diperlukan pada pemeriksaan tersebut dan sejauh mana pemeriksaan tersebut dapat memberi penjelasan kepada Anda.
 
DOKTER MUNGKIN MENGINGINKAN ANDA UNTUK MENJALANI BEBERAPA PEMERIKSAAN SEBELUM MEMBUAT DIAGNOSIS KLINIS, riwayat medik Anda secara detail, termasuk rekam medik Anda di masa lalu, gejala atau tanda-tanda dan juga tentang kondisi kesehatan Anda sekarang.

Gejala klinis kelainan tulang belakang yang tampak umumnya berupa keluhan sakit leher belakang/tengkuk, rasa kram atau kesemutan, nyeri punggung saja atau disertai nyeri kepala pusing (vertigo) bahkan rasa kelemahan anggota gerak, atau keluhan dari orang tua yang melihat anaknya mengalami kelainan bentuk tubuh berupa skoliosis, yaitu tulang belakang melengkung ke samping, osteoporosis (tulang rapuh), dan keluhan lainnya.

Setelah mengetahui riwayat penyakit Anda dan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter, diperlukan pemeriksaan radiologi seperti foto rontgen tulang, MRI (Magnetic Resonance lmaging), dan yang mulai memasyarakat adalah pemeriksaan kepadatan massa tulang atau disebut Bone Mineral Densitometri (BMD).

RONTGEN
Pemeriksaan foto rontgen bertujuan untuk memperlihatkan anggota tubuh untuk mendiagnosis jaringan lunak dan tulang yang tidak terlihat secara klinis. Foto rontgen ini untuk menilai lengkung tulang, patah tulang belakang (fraktur), dan listhesis (tulang yang bergeser), dan lain-lain.

MRI
Ada beberapa kelebihan MRI dibandingkan dengan foto rontgen biasa dan pemeriksaan CT scan, yaitu (a) MRI lebih unggul untuk mendeteksi beberapa kelainan pada jaringan lunak, sumsum tulang, serta musculoskeletal, (b) mampu memberi garnbaran detail anatomi dengan lebih jelas, (c) mampu melakukan pemeriksaan fungsional seperti pemeriksaan difusi, perfusi dan spektroskopi yang tidak dapat dilakukan dengan CT scan, (d) mampu membuat gambaran potongan melintang, tegak, dan miring tanpa mengubah posisi pasien, dan (e) MRI tidak menggunakan radiasi pengion.

Tata cara pemeriksaan dan apa yang akan dialami pasien saat pemeriksaan MRI:
- Pasien berbaring terlentang
- Meja MRI akan diatur oleh operator MRI
- Pasien akan mendengarkan suara seperti suara ketukan selama berjalannya pemeriksaan
- Pasien boleh didampingi oleh satu orang pengantar
- Selama pemeriksaan, pasien akan selalu di bawah pengawasan petugas MRI
- Bila ada kondisi yang kurang nyaman, pasien dapat memberi tanda kepada petugas
- Pada umumnya, pemeriksaan MRI membutuhkan waktu sekitar 15-30 menit
- Setelah pemeriksaan selesai, pasien dapat melakukan aktivitas seperti biasa

Pemeriksaan MRI dan CT scan saling melengkapi. MRI lebih unggul untuk pemeriksaan sumsum tulang belakang, kelainan otak (deteksi stroke awal), sendi-sendi, otot, dan pembuluh darah.

Pemeriksaan MRI aman dilakukan karena tidak menggunakan sinar X atau bahan radioaktif. Meskipun demikian, wanita dengan kehamilan muda (trimester I) tidak direkomendasikan untuk pemeriksaan MRl. MRI juga tidak bisa dilakukan pada pasien yang menggunakan pace maker, pasien yang menggunakan klip pembuluh darah dan bersifat ferromagnetis (bahan yang tertarik oleh magnet), dan pasien dengan benda asing logam (gram) pada mata atau tempat lain.

BMD
Pemeriksaan ini dilakukan untuk menilai kekuatan mineral tulang. Pemeriksaan ini dapat memprediksi risiko patah tulang, menilai osteopeni (low bone mass), dan osteoporosis. Diperkirakan, risiko terjadi osteopeni 40% pada wanita postmenopause sebanyak dan ditambah 7% mengalami osteoporosis.
 
   
inserted at 2011-12-21 14:40:00  |  Dr. Rahmi Alfiah Nur Alam, Sp.Rad Dokter Spesialis Radiologi - RS Puri lndah  
 
ARTICLE ARCHIVE  
   
Keluarga
Kesehatan
 
Anda SAKIT ...
Anda SAKIT KEPALA? Atasi dengan Jahe!
Menjaga Kebugaran ...
Menjaga Kebugaran Saat Bekerja
Kenali Stroke ...
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
Serangan Fajar ...
Serangan Fajar Stroke
Gaya Hidup ...
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
Nyeri Otot, ...
Nyeri Otot, Pahami Secara Menyeluruh
Nyeri Punggung, ...
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
Tanda-Tanda Sakit ...
Tanda-Tanda Sakit Jantung yang Sering Diremehkan
Bahaya Sakit ...
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
Apa ltu ...
Apa ltu Psoriaris?
Depresi...
Dismenorea Pengganggu ...
Dismenorea – ‘Pengganggu’ Wanita
Kejang atau ...
Kejang atau Epilepsikah Seorang Anak?
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
Penyebab Penyakit, ...
Penyebab Penyakit, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil
Penyakit Jantung? ...
Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!
Entrepreneurship
Investasi
Perencanaan Keuangan
Asuransi
Pendidikan Anak
Pensiun
Perencanaan Pajak
Warisan
Lain-lain