Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5
Frengki Kwan - QQ
 

Warning: fopen(counter/visit.db): failed to open stream: Permission denied in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 41

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 43

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 45
Frengki Kwan - QQ
 
Dengan Kunci ini masa depan gemilang Anda akan terbuka! -- www.frengkikwan.com --
     December 12, 2017, 06:03 AM
Untitled Document Today (232)  Yesterday (232)  Total Visitor (500000)  
Home QQ
Profile
QQ
Job
QQ
Property
QQ
Gallery
QQ
Inspiration
QQ
Dreams
QQ
Contact
Frengki Kwan - QQ
 
 
Saya, Frengki Kwan, bukanlah pribadi paling hebat di dunia bisnis, bukan juga
orang super sukses. Namun melalui website ini, sebuah website yang berisikan perjalanan menapaki tangga kesuksesan tentu mampu memberikan setitik cahaya harapan bagi masa depan para pembaca website ini.
Selamat membaca dan silakan persiapkan tangga kesuksesan Anda!

Category  >>  Kesehatan
 
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
 
Stroke merupakan gangguan neurologis fokal yang disebabkan gangguan aliran darah ke otak yang timbul secara tiba-tiba. Setiap tahun, 15 juta orang di seluruh dunia mengalami stroke; 5 juta di antaranya meninggal, dan 5 juta orang lainnya cacat permanen. Saat ini, stroke menduduki peringkat keenam penyebab disabilitas. WHO memperkirakan, stroke terjadi setiap lima detik.
 
BERDASARKAN KLASFIKASINYA, STROKE DAPAT DIBEDAKAN MENJADI STROKE ISKEMIK (AKIBAT SUMBATAN PEMBULUH DARAH OTAK) DAN STROKE PERDARAHAN (PECAHNYA PEMBULUH DARAH OTAK).

Sebagian besar stroke merupakan stroke iskemik, antara lain disebabkan oleh aterosklerosis pembuluh darah besar, emboli kardiogenik, dan small vessels occlusive disease. Sedangkan penyebab stroke pendarahan, antara lain pendarahan intraserebral dan pendarahan subarachnoid masing-masing terjadi pada 10% dan 30% dari seluruh kejadian stroke. Ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan terjadinya stroke: yang dapat dan tidak dapat dimodifikasi. Dengan mengetahudi dan mengendalikan faktor risiko yang dapat dimodifikasi, diharapkan stroke dapat dihindari.

FAKTOR RISIKO
Faktor risiko stroke - iskemik maupun pendarahan - yang tidak dapat dimodifikasi antara lain usia, jenis kelamin, ras, dan riwayat mengidap stroke pada keluarga.

Faktor risiko stroke iskemik yang berkaitan dengan gaya hidup dan lingkungan umumnya dapat diperbaiki dan dikontrol dengan perubahan perilaku dan terapi. Faktor risiko yang dapat dikontrol adalah hipertensi, diabetes mellitus, perokok, dan fibrilasi atrium jantung. Sementara, yang berpotensi dapat dikontrol atau diperbaiki antara lain dislipidemia, penyakit jantung, diet tinggi garam, obesitas, inaktivitas fisik, konsumsi alcohol, terapi sulih hormone atau kontrasepsi hormonal, dan hiperkoagulasi (kekentalan darah), Riwayat TIA juga menjadi prediktor stroke. Risiko stroke pasca-TlA umumnya dalam durasi 90 hari; rata-rata 7 hari pasca-TIA; dan dari penelitian. Hampir 30% TIA mengalami stroke dalam
kurun waktu 5 tahun.

Faktor risiko stroke perdarahan yang dapat dimodifikasi antara lain hipertensi, perokok, dislipidemia, pengguna antikoagulan dan/atau antiplatelet, alkoholik, dan dialisis. Berdasarkan penelitian, wanita berusia kurang dari 64 tahun lebih jarang mengalami perdarahan intraserebral.

TANDA DAN GEJALA
Stroke dapat ditandai oleh kelemahan seisi tubuh, kiri maupun kanan, mulut mencong, bicara pelo (cadel), gangguan menelan, sakit kepala hebat, rasa melayang-layang atau pusing berputar, gangguan bicara atau pemahaman bahasa, penurunan kesadaran, muntah menyembur, ataupun kejang (timbul tiba-tiba baik secara bertahap maupun langsung berat sejak pertama kali dirasakan. Gejala yang timbul sesuai dengan lokasi kerusakan pembuluh darah dan jaringan otak yang terkena karena masing-masing area di otak memiliki peran tersendiri.

Pemeriksaan Brain CT scan biasa dilakukan untuk membedakan stroke pendarahan dan iskemik. Meskipun pada stroke iskemik pemeriksaan ini tidak terlalu rinci untuk menentukan lokasi sumbatan, dan pada serangan stroke iskemik akut, seringkali tidak didapatkan kelainan pada gambaran CT-scan kepala.

PENANGANAN STROKE
Jika terdapat gejala dan tanda serangan stroke pada seseorang, upayakan mobilisasi ke rumah sakit atau fasilitas kesehatan sesegera mungkin, karena "time is brain". Kecepatan dan ketepatan diagnosis serta tatalaksana pada stroke akut sangat menentukan prognosis maupun kecacatan pasien.

Prinsip penatalaksanaan stroke pada dasarnya adalah menyelamatkan jaringan otak yang masih baik, serta mencegah serangan stroke berulang dengan mengidentifikasi dan mengendalikan faktor risiko. Saat ini juga telah banyak berkembang tindakan neurointervensi untuk mengidentifikasikan faktor risiko serta tatalaksana stroke. Selain itu, rehabilitasi sangat diperlukan untuk membantu mengatasi kecacatan yang dialami pasca serangan stroke.

PENCEGAHAN
Pencegahan primer pasca stroke berulang saat ini dimungkinkan dengan teridentifikasikan faktor risiko penting yang dapat dimodifikasi. Faktor risiko dikendalikan baik dengan mengubah gaya hidup – berhenti merokok, diet seimbang, olahraga teratur, tidak mengkonsumsi alkohol dan obat rekreasional – maupun dengan terapi untuk hipertensi, diabetes mellitus, dan dislipidemia.
 
   
inserted at 2011-11-28 10:54:00  |  Dr. Alifa Dimanti. Sp.S, Dokter SpesiaIis Syaraf - RS Puri Indah  
 
ARTICLE ARCHIVE  
   
Keluarga
Kesehatan
 
Anda SAKIT ...
Anda SAKIT KEPALA? Atasi dengan Jahe!
Menjaga Kebugaran ...
Menjaga Kebugaran Saat Bekerja
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
Serangan Fajar ...
Serangan Fajar Stroke
Gaya Hidup ...
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
Nyeri Otot, ...
Nyeri Otot, Pahami Secara Menyeluruh
Nyeri Punggung, ...
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
Tanda-Tanda Sakit ...
Tanda-Tanda Sakit Jantung yang Sering Diremehkan
Bahaya Sakit ...
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
Apa ltu ...
Apa ltu Psoriaris?
Depresi...
Dismenorea Pengganggu ...
Dismenorea – ‘Pengganggu’ Wanita
Kejang atau ...
Kejang atau Epilepsikah Seorang Anak?
Deteksi Dini ...
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
Penyebab Penyakit, ...
Penyebab Penyakit, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil
Penyakit Jantung? ...
Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!
Entrepreneurship
Investasi
Perencanaan Keuangan
Asuransi
Pendidikan Anak
Pensiun
Perencanaan Pajak
Warisan
Lain-lain