Warning: session_start(): Cannot send session cookie - headers already sent by (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5

Warning: session_start(): Cannot send session cache limiter - headers already sent (output started at /home/frengki/public_html/config/connect.php:21) in /home/frengki/public_html/postdetail.php on line 5
Frengki Kwan - QQ
 

Warning: fopen(counter/visit.db): failed to open stream: Permission denied in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 41

Warning: fwrite() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 43

Warning: fclose() expects parameter 1 to be resource, boolean given in /home/frengki/public_html/counter/counter.php on line 45
Frengki Kwan - QQ
 
Dengan Kunci ini masa depan gemilang Anda akan terbuka! -- www.frengkikwan.com --
     April 24, 2018, 09:48 AM
Untitled Document Today (232)  Yesterday (232)  Total Visitor (500000)  
Home QQ
Profile
QQ
Job
QQ
Property
QQ
Gallery
QQ
Inspiration
QQ
Dreams
QQ
Contact
Frengki Kwan - QQ
 
 
Saya, Frengki Kwan, bukanlah pribadi paling hebat di dunia bisnis, bukan juga
orang super sukses. Namun melalui website ini, sebuah website yang berisikan perjalanan menapaki tangga kesuksesan tentu mampu memberikan setitik cahaya harapan bagi masa depan para pembaca website ini.
Selamat membaca dan silakan persiapkan tangga kesuksesan Anda!

Category  >>  Kesehatan
 
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
 
Hendra mendadak pelo saat bangun tidur sekitar jam 11 siang. Saat dia melihat wajahnya di cermin, ternyata mulutnya sudah mencong ke kanan. Serangan penyakit ini dikenal sebagai stroke. Stroke termasuk salah satu penyakit degeneratif yang merupakan pembunuh nomor tiga terbanyak di Amerika. Umumnya, stroke selalu meninggalkan gejala sisa yang akan menurunkan kualitas hidup penderitanya.
 
SEBENARNYA, STROKE DAPAT DICEGAH MELALUI GAVA HIDUP SEHAT DAN MEMPERBAIKI FAKTOR RISIKO YANG ADA. Gaya hidup sehat yang bisa dilakukan meliputi pilihan makanan yang sehat, berat badan ideal, aktivitas fisik teratur, serta tidak merokok dan mengonsumsi alkohol. Untuk makanan, pastikan selalu mengkonsumsi buah segar dan sayur dalam jumlah yang cukup setiap hari. Pilihlah makanan yang sedikit mengandung asam lemak jenuh dan kolesterol, namun mengandung tinggi serat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Pembatasan asupan gararn juga akan membantu menjaga tekanan darah, terutama garam yang berasal dari makanan yang diasinkan atau diawetkan.

Kelebihan berat badan maupun obesitas akan meningkatkan risiko terkena stroke. Oleh karena itu, lakukan gaya hidup sehat agar berat badan dapat terkontrol dengan baik. Untuk mengetahui apakah berat badan berada dalam batasan normal atau tidak, dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain:

- Menghitung indeks massa tubuh (IMT) menggunakan rumus:
Berat Badan (kg) / Tinggi Badan (m)2
Klasifikasi dan IMT (WHO WPR/IASO/IOTF)
1. Berat badan kurang (underweight): < 18,5
2. Normal: 18,5-22,9
3. Kelebihan berat badan (overweight): 23-24,9
4. Kegemukan I (Obese I): 25-29,9
5. Kegemukan II (Obese II): >=30

dengan kriteria:

- Mengukur lingkar pinggang, dikatakan obesitas jika:
Perempuan > 80 cm
Laku-laki > 90 cm

- Menghitung rasio lingkar pinggang dan panggul (waist-hip ratio), dikatakan obesitas jika:
Perempuan > 0,80 cm
Laku-laki > 0,90 cm

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu mempertahankan berat badan supaya berada dalam batasan normal. Sangat dianjurkan untuk melakukannya secara rutin. Namun jika tidak memungkinkan, dapat dilakukan minimal 3 kali seminggu selama 30 menit.

Merokok akan meningkatkan risiko terkena stroke karena asap rokok yang dihirup mengandung sekitar 4000 bahan kimia dimana 60 jenis di antaranya sangat beracun dan bersifat karsinogenik bagi tubuh. Demikian juga dengan alkohol. Konsumsi alkohol yang berlebihan mempunyai kontribusi terhadap kejadian hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan gangguan metabolik pada penderita diabetes, yang semuanya akan meningkatkan risiko stroke.

MEMILIKI FAKTOR RISIKO KESEHATAN
Bagaimana jika Anda dikategorikan memiliki faktor risiko kesehatan? Sebaiknya diobati seperti dengan mempertahankan kadar kolesterol darah dalam batas normal. Dilakukan dengan memilih makanan yang mengandung kadar kolesterol rendah seperti ikan, tahu, tempe, kacang-kacangan, buah dan sayur. Batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans < 7% dari kebutuhan kalori sehari. Selain itu, periksa tekanan darah secara rutin. Seringkali darah tinggi tidak memberikan gejala atau keluhan apapun. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Jika tekanan darah tergolong tinggi, segera konsultasi pada dokter dan lakukan diet DASH (Dietary Approach to Stop Hypertension) yang menyajikan menu makanan kaya akan sumber kalium, magnesium, kalsium, serat sayur maupun buah dan susu. Juga lakukan pembatasan makanan yang mengandung tinggi lemak jenuh, kolesterol, garam, gula, kopi dan minuman keras.

Kontrol kadar gula darah dalam batas optimum. Jika menderita penyakit kencing manis, jangan lupa selalu menjalankan 4 pilar penanganan diabetes, yaitu mengatur diet yang berpedoman pada prinsip 3J (jumlah kalori, jenis komposisi makanan dan jadwal makanan), melakukan aktivitas fisik secara teratur, konsultasi rutin pada dokter dan mengikuti edukasi diabetes serta monitoring gula darah secara teratur.

Jika menggunakan obat untuk mengendalikan kadar kolesterol, tekanan darah maupun kadar gula darah, maka patuhilah nasihat dokter secara teliti. Bertanyalah pada dokter jika ada sesuatu hal yang masih belum dimengerti.

Jika memiliki risiko stroke, jangan malu untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan yang dihadapi dalam rangka mencegah terjadinya stroke.
 
   
inserted at 2011-11-28 12:50:00  |  Dr. lda Gunawan. MS Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinis - RS Puri lndah  
 
ARTICLE ARCHIVE  
   
Keluarga
Kesehatan
 
Anda SAKIT ...
Anda SAKIT KEPALA? Atasi dengan Jahe!
Menjaga Kebugaran ...
Menjaga Kebugaran Saat Bekerja
Kenali Stroke ...
Kenali Stroke dan Faktor Risikonya
Serangan Fajar ...
Serangan Fajar Stroke
Gaya Hidup Sehat, Cara Jitu Cegah Stroke
Nyeri Otot, ...
Nyeri Otot, Pahami Secara Menyeluruh
Nyeri Punggung, ...
Nyeri Punggung, Si Pengganggu Aktivitas
Tanda-Tanda Sakit ...
Tanda-Tanda Sakit Jantung yang Sering Diremehkan
Bahaya Sakit ...
Bahaya Sakit Kepala, Kapan Harus Waspada?
Apa ltu ...
Apa ltu Psoriaris?
Depresi...
Dismenorea Pengganggu ...
Dismenorea – ‘Pengganggu’ Wanita
Kejang atau ...
Kejang atau Epilepsikah Seorang Anak?
Deteksi Dini ...
Deteksi Dini Kelainan Penyakit Tulang Belakang
Penyebab Penyakit, ...
Penyebab Penyakit, Jangan Langsung Nyalakan AC Saat Masuk Mobil
Penyakit Jantung? ...
Penyakit Jantung? Kenali Gejalanya!
Entrepreneurship
Investasi
Perencanaan Keuangan
Asuransi
Pendidikan Anak
Pensiun
Perencanaan Pajak
Warisan
Lain-lain